JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN MALADMINISTRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK OLEH OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI TENGAH (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH) |
Nama: INDAH RUFAIDAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Indah Rufaidah Stambuk: B101 21 141 dengan judul Implementasi Kebijakan Maladministrasi Dalam Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah). Di bimbing oleh Intam Kurnia dan Agusta Sri Astuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan dalam penanganan maladministrasi oleh Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah pada Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Teori yang di jadikan acuan dalam penelitian ini menggunakan teori implementasi dari George C. Edward III yang mencakup 4 aspek, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur Birokrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara informan secara mendalam, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dalam penanganan maladministrasi oleh Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah pada RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah jika di lihat dari aspek yang digunakan terdapat 2 aspek yang belum terpenuhi yaitu sumber daya dan disposisi. Sumber daya menunjukkan masih belum mencukupi jumlah pegawai serta anggaran belum mendukung dalam pelaksanaan kebijakan yang di miliki Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah. Disposisi atau sikap dari para pelaksana menunjukkan sikap dan tanggung jawab dari staf RSUD Undata yang masih terdapat pungutan liar dalam prosesnya pelaksanaan kebijakan. Kata Kunci : Implementasi, Maladministrasi, Pelayanan Publik |