JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: FATRIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Fatria B10121127 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako”. Di bimbing oleh Bapak Nawawi Natsir selaku Pembimbing I dan Bapak Syarif Permana Salingkat selaku Pembimbing II. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, yang disebabkan oleh kurang optimalnya kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Sistem Informasi Akademik terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teori kualitas pelayanan dari Ndraha (2001) yang meliputi empat dimensi utama, yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan jenis data primer dan sekunder. Sampel penelitian ini berjumlah 91 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Sistem Informasi Akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan nilai t hitung sebesar 10,242 yang lebih besar dari t tabel 1,986 dan tingkat signifikan 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis diterima, yakni terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Dari keempat dimensi kualitas pelayanan, dimensi keadilan merupakan aspek yang paling dominan memengaruhi kepuasan mahasiswa karena memiliki nilai rata-rata tertinggi dibandingkan dengan dimensi lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, terutama aspek keadilan, sangat berkontribusi terhadap meningkatnya kepuasan mahasiswa terhadap Sistem Informasi Akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Sistem Informasi Akademik |