JudulEFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN PENERBITAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN UNTUK PERUBAHAN STATUS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU |
Nama: HIJRIYAH RAYA HAMKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK HIJRIYAH RAYA HAMKA, B10121105, “Efektivitas Program Layanan Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Perubahan Status Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu”, Skripsi Program Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Bapak Rizali Djaelangkara Selaku Pembimbing I Dan Bapak Dandan Haryono Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas program layanan penerbitan dokumen kependudukan untuk perubahan status (LAYANGAN PUTUS) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Penelitian ini menggunakan teori dari teori Siagian (2017:60) yang terdiri dari tiga indikator yaitu Faktor Waktu, Faktor Kecermatan, dan Faktor Gaya Pemberian Layanan. Dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh observasi, wawancara informan secara mendalam dan dokumentasi dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Anlisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian, menunjukkan bahwa efektivitas program layanan program layanan penerbitan dokumen kependudukan untuk perubahan status (LAYANGAN PUTUS) di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dikarenakan bahwa masih kurangnya kecermataan terhadap masyarkat lagi, sehingga ada beberapa masyarakat yang belum menggunakan karena belum mengenal dan mengetahui manfaat program tersebut, dan dari segi faktor waktu pun perlu ditingkatkan lagi untuk lebih baik agar masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan, karena kadang masih sering terjadi kendala tekhnis seperti lampu yang tiba-tiba padam atau kendala jaringan yang dapat memakan waktu yang lama sehingga terjadilah keterlambatan dalam memproses dokumen. Serta responsivitas aparatur pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu dalam proses pelayanan masih kurang mengevaluasi setiap keluhan-keluhan dari masyarakat, dalam hal penerbitan dokumen kependudukan untuk perubahan status (LAYANGAN PUTUS) yang bisa menyebabkan pelayanan yang kurang efektif pada saat pembuatan atau penerbitan dokumen kependudukan tersebut untuk masyarakat. Kata Kunci : Efektivitas pelayanan, program layanan penerbitan dokumen kependudukan untuk perubahan status (LAYANGAN PUTUS), Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu. |