JudulEFEKTIVITAS PROGRAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 5 SOJOL KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: HAIKAL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 5 Sojol, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan Teori Dicson dan Wetherbe dalam Samsudin et al. (2014), yang meliputi lima aspek yaitu kualitas aparatur, kompetensi adminstrator, disiplin, sarana dan prasarana dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian menggunakan Teknik Purposive dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa kelas VII. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana (2014) dalam Sugiyono (2021), yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 5 Sojol berjalan cukup efektif. Dari lima indikator yang digunakan, empat aspek telah berjalan dengan baik, yaitu kualitas aparatur, kompetensi administrator, disiplin, dan pengawasan. Guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif, berpusat pada siswa, serta mendorong kemandirian dan kreativitas peserta didik. Disiplin sekolah tercermin dari kehadiran guru dan siswa yang konsisten serta pelaksanaan pembelajaran yang tepat waktu. Pengawasan yang dilakukan secara rutin oleh kepala sekolah dan pengawas dari dinas pendidikan turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sementara itu, aspek sarana dan prasarana masih belum berjalan secara optimal. Keterbatasan fasilitas teknologi seperti laptop, proyektor, jaringan internet yang tidak stabil, serta alat praktikum yang belum memadai menjadi kendala dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. |