Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DESA POSONA KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: RATI MUTMAINA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Rati Mutmaina , Stambuk B 101 21 087 dengan judul Skripsi: “Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Desa Posona Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong” dibimbing oleh Syahruddin Hattab selaku pembimbing I dan Dandan Haryono selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Desa Posona Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Deskriptif sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dubatasi hanya mengungkapkan fakta-fakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang, yaitu: Sekretaris Desa, Kasi Kesra, Kasi Pemerintahan, Kaur Umum, dan Masyarakat tiga (3) orang. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat (4) tahap, antara lain: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndaraha (2001:167) dalam Jasmila (2022), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat (4) indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu: kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Desa Posona Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong pada inidikator kecepatan belum berjalan dengan baik, dilihat dari fasilitas yang digunakan aparat untuk bekerja dan melayani masyarakat seperti computer/laptop dan printer sangat kurang dan sering mengalami kerusakan yang mengakibatkan kecepatan pelayanan administrasi di Kantor Desa Posona belum berjalan dengan maksimal, akan tetapi pada inidikator ketepatan, kemudahan, dan keadilan sudah berjalan dengan dengan baik dan menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada. Kata Kunci: Cepat, Tepat, Mudah, Adil.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up