JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PESERTA PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: NI KADEK YUNI PANCALI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Kadek Yuni Pancali Stambuk B101 21 079 dengan judul skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing I Dr. Abdul Rivai, M.Si dan Dosen Pembimbing II Erdiyansyah, S.Sos, M.Si. Program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar program studi mereka selama beberapa semester. Namun pelaksanaan program tersebut masih terhambat oleh adanya mahasiswa yang kesulitan mengakses website, menjalin komunikasi antar dosen pembina dan pihak pengelola, kebingunan tata cara mendaftar dan belum memahami manfaat dari program MBKM, lambatnya respon dalam mengkonversi nilai matakuliah, dan kurangnya perhatian dalam proses pelayanan program MBKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa peserta program MBKM di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teori kualitas pelayanan dari Zeithalm (1990), yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling, dan penentuan sampel menggunakan proposional random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 responden yang merupakan mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik yang sudah pernah mengikuti MBKM. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa peserta MBKM di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Hal ini dibuktikan dari uji secara simultan nilai F hitung ? F table yaitu 72.338 ? 3.11 dan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti kualitas pelayanan akademik berpengaruh secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Nilai koefisien determinasi (kd) sebesar 46,6% menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa peserta program MBKM, dengan 53,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak di diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, MBKM. |