JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN BUNTA KABUPATEN BANGGAI |
Nama: SRI RISKI NURHAYATU LAHIYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sri riski Nurhayati lahiya B101 21 032, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien rawat jalan di Pusat kesehatan Masyarakat Kecamatan Bunta, Mashuri Talili Pembimbing 1 dan Dosen Pembimbing 2 Syarif Salingkat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pasien rawat jalan di pusat kesehatan Masyarakat di kecamatan bunta secara simultan dan seberapa besar pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pasien di pusat kesehatan Masyarakat di Kecamatan Bunta. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi Kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry yang terdiri dari Tangible (Bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (Empati). Dasar Peneltian ini menggunakan metode survey dan Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun penentuan sampel menggunakan random sampling yang diperoleh sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Untuk keperluan analisisis data penelitian ini menggunakan IBM SPSS statistic 27. Hasil penelitian kuantitatif menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan di pusat kesehatan Masyarakat kecamatan Bunta kabupaten banggai. nilai Fhitung sebesar 795.740 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,892. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan sebesar 89,2%. Adapun sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan pada penelitian ini. Kata kunci : Kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan |