Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA KASIMBAR KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: INDIRA VINNY DAMANIS
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Indira Vinny Damanis, Nomor Stambuk B 101 21 002. Dengan judul, “Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Di Desa Kasimbar Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong”. Dibimbing oleh Rahmawati Halim Sebagai Pembimbing I dan Richard Fernandez Labiro Sebagai Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mencapai Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Kasimbar Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, di mana pemilihan infromannya dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan informan sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan teori Hutaphea dan Thoha (2009) yang langsung mempengaruhi efektivitas kerja, yaitu Pencapaian tujuan (achievement), Kerja tim (teamwork), Pencarian informasi (information seeking, Mempengaruhi orang lain (influence other, Orientasi pada wajib pajak (costumer orientation) dan Inisiatif (initiative). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Kasimbar kurang efektif. Pada aspek Pencapaian Tujuan, belum mencapai target yang ditetapkan, disebabkan oleh rendahnya kondisi ekonomi masyarakat, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kewajiban membayar pajak dan belum diperbaruinya data objek serta subjek pajak. Pada aspek Kerja Tim, DISPENDA, pemerintah desa, dan tim KORWIL kurang efektif karena lemahnya koordinasi dan ketidaksesuaian data objek dan subjek pajak. Aspek Pencarian Informasi, proses pencarian informasi telah dilakukan melalui berbagai saluran, namun belum optimal karena perpindahan kepemilikan dan keberadaan wajib pajak di luar daerah belum tercatat secara akurat. Aspek Mempengaruhi Orang Lain, Pendekatan persuasif dan sosialisasi belum mampu meningkatkan kepatuhan secara signifikan karena faktor ekonomi warga yang masih rendah. Meskipun demikian, Aspek Orientasi pada Pelanggan cukup efektif melalui kemudahan metode pembayaran, pelayanan yang ramah, dan pemberian toleransi waktu. Selain itu, Aspek Inisiatif aktif dari DISPENDA dan pemerintah desa, seperti penyediaan berbagai kanal pembayaran dan program kreatif seperti pembagian bibit mangga, mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar PBB secara sukarela dan berkelanjutan. Kata Kunci: Efektivitas, PBB, Pencapaian Tujuan, Kerja Team, Pencarian Informasi, Mepengaruhi Orang Lain, Orientasi Pada Wajib Pajak, dan Inisiatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up