JudulPelayanan Jamaah Haji Reguler Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: NURSIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nama : Nursia, Nomor Stambuk : B 101 20 276, Skripsi : Pelayanan Jamaah Haji Reguler Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong. Di bimbing Oleh Nasir Mangngasing Pembimbing I, Dan Pembimbing II Yulizar Pramudika Tawil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Jamaah Haji Reguler Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif dan dasar penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dari Zeithaml (1990) dalam Hardiansyah (2011:63-64) bahwa ada lima indikator yang digunakan pada penelitian ini yaitu: Berwujud, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Kepedulian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Jamaah Haji Reguler Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong. seperti Ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy) sudah dilaksanakan dengan baik. Akan tetapi dari segi Berwujud (Tangible) dan keandalan (reliability) belum terlaksana secara maksimal. Dilihat dari segi berwujud (Tangible) yang dimana SISKOHAT (Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu) sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh jaringan internet yang kurang memadai sehingga mengakibatkan proses pelayanan pendaftaran menjadi terkendala. Kemudian dari segi keandalan (reliability) masi adanya kendala pada saat melakukan pendaftaran ibadah haji dimana masi terdapat ketidaksinkronan dokumen identitas diri calon jamaah haji sehingga menjadi kendala bagi para pegawai dalam melakukan proses pendaftaran. Oleh karena itu diharapkan Petugas Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong dari segi Berwujud dan Kehandalan lebih ditingkatkan terkait setiap program yang ada sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam pendaftaran haji. Kata Kunci: Pelayanan, Berwujud, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Kepedulian. |