Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Kulawi Kabupaten
Nama: FIRATZ ARDIANSYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Nama: Firatz Ardiansyah Nomor Stambuk: B 101 20 255, Hasil : Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Pembimbing:(1) Rizali Djaelangkara Dan Pembimbing: (2) Gita Farista. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif dan dasar penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dari Zeithaml (1990) dalam Hardiyansyah (2011:38) bahwa ada lima indikator yang digunakan pada penelitian ini yaitu: Tangibles (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Kepedulian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Dimensi pokok pelayanan, seperti Kehandalan (Reliabilty), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty), sudah diterapkan dengan baik. Namun, Bukti Fisik (Tangibles) di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dari kondisi sarana dan prasarana, seperti gedung yang digunakan belum memadai, kursi di ruang tunggu yang belum cukup untuk menampung sebagian pasien, penggunaan nomor antrean manual yang masih berbasis kertas dan belum menggunakan mesin antrean digital, serta ketersediaan tempat sampah yang masih kurang. Kata Kunci : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up