Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN
Nama: HELNI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nama: HELNI, Nomor Stambuk: B10120247, Judul Skripsi “Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai Kepulauan.” Di bimbing oleh Subhan Haris Sebagai Pembimbing I, dan Askar Mayusa Sebagai pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai Kepulauan. Tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian adalah penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang yaitu Kepala Dinas, Sekretaris, Staff, Kabid Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan dan dua orang masyarakat. Teknik pengumpulan dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) yang menggunakan 5 indikator yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke lima aspek tersebut belum berjalan dengan baik dan maksimal. Pelayanan publik dalam pembuatan kartu tanda penduduk di dinas kependudukan dan pencatatan sipil tersebut perlu di tingkatkan lagi karena sarana dan prasarana dalam pencetakan KTP masih belum memadai karena tiga alat cetak KTP yang tersedia hanya satu unit yang berfungsi karena dua unit lainnya mengalami kerusakan dan jumlah leptop yang tersdia juga terbatas sehingga memperlambat proses pembuatan KTP. Kata Kunci : Tangibles, Reliability, Responsiviness, Assurance, Empathy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up