Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA PEGAWAI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENERTIBAN PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DIPASAR INPRES MANONDA KOTA PALU
Nama: WAFIK AZIZAH
Tahun: 2025
Abstrak
Wafik Azizah (B10120240), dengan judul Kinerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Dipasar Inpres Manonda Kota Palu. Dibimbing oleh Mustainah, dan Rachmad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam melakukan penertiban Pedagang Kreatif Lapangan di Pasar Inpres Manonda Kota Palu. Penelitian kali ini peneliti melakukan penelitian dengan menggukan metode kualitatif, sementara tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Jenis data terdiri atas data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian berjumlah 8 orang, yang mana penentuan informan menggunakan teknik Purpossive. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui penelitian pustaka dan penelitian lapangan yang dilakukan dengan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data menurut Miles dan Huberman (2014), yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Penelitian ini menggunakan teori kinerja yang dikemukakan oleh Dwiyanto (2006) yang terdiri dari 5 aspek yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Dari hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa kinerja Satpol-PP dalam melakukan penertiban PKL di Pasar Inpres Manonda Kota Palu dinilai masih belum optimal, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa masalah yang ditemukan peneliti terkait kinerja instansi tersebut dalam melakukan penertiban PKL di Pasar Inpres Manonda, diantaranya yaitu masalah kualitas layanan, terkadang para petugas Satpol-PP masih kurang cermat dalam menjalankan tugasnya. Sementara itu pula dari aspek responsibilitas juga masih belum berjalan dengan optimal, kadang petugas penertiban PKL di Pasar Inpres Manonda, Satpol-PP Kota Palu melakukan tindakan di luar prosedur, dan dari segi kedisiplinan juga masih berjalan kurang baik, hal ini terbukti sebagaimana diuraikan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada sebagian petugas yang kadang terlambat, membolos saat jam kerja, dan melakukan aktivitas lain di luar kegiatan saat ditugaskan di lapangan. Selain itu pada hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada aspek produktivitas, responsivitas, dan akuntabilitas sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up