Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI PUSKESMAS OGOAMAS KECAMATAN SOJOL UTARA KABUPATEN DONGGALA
Nama: HAPIKA SARI
Tahun: 2024
Abstrak
Hapika sari, Stambuk B 101 20 229, dengan judul penelitian “Kualitas Pelayanan Pengguna Karu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Ogoamas Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh Suasa selaku Pembimbing I dan Muhammad Afandi selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Zeithaml et.al (1990) yang terdiri dari 5 (lima) indikator pelayanan yaitu Tangible (berwujud), Realibility (kehandalan) Responsivenes (ketanggapan), Assurance (Jaminan) dan Emphati (empati). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara langsung berbagai kondisi dan fenomena. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, bersama informan secara mendalam serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pegawai Puskesmas Ogoamas belum sepenuhnya menunjukkan kualitas pelayanan yang baik, hal ini dapat dilihat berdasarkan peralatan medis yang kurang memadai dikarenakan sebagian peralatan medis yang rusak, dan belum ada di Puskesmas Ogoamas dan kedisiplinan pegawai masih sangat kurang, waktu pelayanan tidak sesuai berdasarkan waktu yang telah ditetapkan, serta pegawai lambat menangani dan memberikan arahan kepada pasien yang iuran BPJSnya menunggak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up