Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT ANUTAPURA KOTA PALU
Nama: ANNISA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Annisa B 101 20 228, Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Rawat Inap di Rumah Sakit Anutapura Kota Palu . Pembimbing I Muzakir Tawil dan Dosen Pembimbing II Moh. Royfandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna Kartu Badan Jaminan Penyelenggara Sosial Rawat Inap Di Rumah Sakit Anutapura Kota Palu. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Zeithaml dan Berry (1990) yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jamianan), dan Emphaty (Empati). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan berbagai kondisi, fenomena, atau situasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, informan secara mendalam dan Dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari 5 dimensi maka dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pengguna kartu badan penyelenggara jaminan sosial rawat inap di rumah sakit anutapura kota palu masih kurang baik dan perlu ditingkatkan. Terdapat 1 indikator yang belum berjalan dengan baik yaitu, Emphaty (Empati) kurangnya keramahan petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan belum memenuhi Standar Operasional Prosedur Pelayanan (SOP) tentang pedoman standar pelayanan. Sedangkan ada 4 indikator yang sudah berjalan dengan baik dan sudah memenuhi Standar Operasioan (SOP) tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan tentang pedoman standar pelayanan. Diantaranya Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) Kata kunci : Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Anutapura

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up