JudulKualitasPelayanan KTP-el Di KantorDinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: PIPI ALFIONITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nama : Pipi Alfionita, Nomor Stambuk : B 101 20 201, Judul Skripsi “Kualitas Pelayanan KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong” Di Bimbing Oleh Nawawi Natsir Sebagai Pembimbing I, dan Meldi Amijaya Sebagai Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara deskriptif mengenai Kualitas Pelayanan KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong. Berdasarkan hasil penelitian tentang kualitas pelayanan maka penulis mengungkapkan bahwa Kualitas Pelayanan KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong dengan menggunakan Teori Zeithaml, Parasuraman & Berry dalam (Hardiansyah 2011:11) yang memiliki lima indikator pembahasan tentang kualitas pelayanan yaitu Tangible, Realibilty, Responsiviness, Assurance dan Emphaty. Dari kelima indikator tersebut maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong yang di nilai baik yaitu Realibility, Responsiviness dan Emphaty, sedangkan ada dua indikator yang hasilnya masih kurang baik yaitu Tangible dan Assurance, karena dilihat dari bukti fisik kondisi gedung yang yang digunakan masih bagus hanya saja berukuran sempit sehingga tidak dapat menampung banyak masyarakat, sebagian masyarakat memilih menunggu diluar ruang pelayanan karena kondisi ruangan yang sempit dan belum adanya di sediakan kipas angin di ruang tunggu untuk masyarakat sehingga masih ada beberapa masyarakat yang memilih menunggu diluar akibat kepanasan di dalam ruang tunggu. Selanjutnya Assurance juga masih kurang baik karena masih ada beberapa pegawai yang melanggar SOP di kantor tersebut seperti pungutan liar saat melakukan pelayanan dan belum melakukan komunikasi yang baik kepada masyarakat mengenai persyaratan pengurusan KTP-el bagi masyarakat pemula. Kata Kunci: Pelayanan, KTP-el, Disdukcapil dan Parigi Moutong |