Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul EFEKTIFITAS PELAYANAN KESEHATAN POLI UMUM DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT LEMBASADA KECAMATAN BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA
Nama: SYAUQI FUTUKHI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Syauqi Futukhil, B 101 20 190, Judul penelitian “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Poli Umum di Puskesmas Lembasada Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala” Di bimbing oleh Ibu Nuraisyah selaku pembimbing utama bersama Ibu Gita Farista selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini membahas tentang efektivitas pelayanan kesehatan di Poli Umum Puskesmas Lembasada, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala. Fokus penelitian adalah menilai efektivitas pelayanan berdassarkan tiga indikator efektivitas menurut Sondang P. Siagian dalam (Nashar 2020:10), yaitu faktor waktu, kecermatan dan gaya pemberian layanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada kepala puskesmas, tenaga medis, dan masyarakat sebagai pengguna layanan. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor waktu, pelayanan belum berjalan secara efektif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kedisiplinan beberapa petugas yang sering datang terlambat, sehingga pasien harus menunggu cukup lama untuk mendapat pelayanan. meskipun prosedur pelayanan sudah tersusun, pelaksanaannya masih kurang konsisten dengan standar yang ditetapkan yang mengakibatkan antrian panjang dan ketidaknyamanan bagi pasien. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk peningkatan disiplin waktu dari petugas medis agar pelayanan bisa berjalan lebih cepat dan efisien.. Pada faktor kecermatan, pelayanan dinilai cukup baik. Petugas medis menunjukkan ketelitian dalam pencatatan data pasien dan dalam memberikan pelayanan medis, meskipun terdapat keluhan bahwa dalam kondisi ramai, pelayanan terkesan terburu-buru. Meskipun demikian, petugas berusaha semaksimal mungkin untuk mendengarkan keluhan pasien dan memberikan pelayanan dengan hati-hati, yang mencerminkan tingkat kecermatan yang baik dalam pelayanan medis. Faktor gaya pemberian layanan masih menjadi kelemahan utama. Komunikasi antara petugas dan pasien belum berjalan dengan optimal. Beberapa pasien merasa tidak mendapat penjelasan yang memadai dari petugas dan kurang merasa dihargai dalam proses pelayanan, keterbatasan waktu dalam pelayanan penyebab utama dari ketidakpuasan ini. Dengan demikian, efektivitas pelayanan kesehatan di Poli Umum Puskesmas Lembasada masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kedisiplinan waktu dan peningkatan kualitas interaksi antara petugas dengan pasien untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat dan memuaskan bagi masyarakat. Kata Kunci: Faktor waktu, Faktor Kecermatan, Faktor Gaya Pemberian Layanan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up