JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LAMBUNU 1 KECAMATAN BOLANO KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: NUR HAMIDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Lambunu 1 Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong. Metode Penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif, yaitu memberikan penjelasan yang sistematik, faktual atau nyata terhadap subjek atau data yang diperoleh di tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam kepada informan, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan baik data primer maupun sekunder. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive dengan jumlah 7 (tujuh) orang yakni 1 orang Kepala Puskesmas Lambunu 1, 2 orang petugas puskesmas dan 4 orang pasien. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Zeithaml (1990) dimana ada lima aspek yang digunakan dalam mengukur Kualitas Pelayanan. Kelima aspek tersebut yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Lambunu 1 Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong masih kurang baik. Karena ditinjau dari 5 (lima) aspek teori Zeithaml (1990) terdapat 3 (tiga) aspek yang menghambat keberhasilan Kualitas Pelayanan yaitu aspek Tangible yang belum memadai mengenai minimnya ruang kerja pegawai, sarana transportasi, peralatan laboratorium dan alat medis sebagian sudah rusak kemudian aspek Responsivenes juga dinilai masih kurang baik karena adanya keterlambatan dalam menangani keluhan pasien. Kemudian aspek emphaty juga belum maksimal karena kurangnya perhatian dari parawat terhadap pasien. Sedangkan pada aspek Reliability sudah menunjukan kualitas pelayanan yang baik karena petugas pelayanan yaitu perawat sudah berpendidikan sesuai dengan bidangnya dan memiliki kompetensi sesuai dengan kemampuannya dan Aspek Assurance dinilai sudah sangat baik, karena pelayanan yang berhubungan dengan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan dan keyakinan kepada pasien seperti bahwa puskesmas sudah terakreditasi, penyediaan informasi akurat, prosedur yang jelas dan transparan serta rasa aman dinilai sudah cukup bagus serta tidak adanya pungutan liar dipuskesmas lambunu 1. Masyarakat atau pasien sangat menginginkan pelayanan yang baik agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty |