JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: AKMAL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Akmal, Stambuk B10120166 dengan judul “Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh Dr. Abdul Rivai, M.Si dan Dra. Nurhayati Hamid, M.Si. Pendidikan merupakan proses yang memungkinan individu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan pemahaman yang diperlukan untuk berfungsi dan berkembang dalam masyarakat. Pemerintah membuat program Bantuan Operasional Sekolah pada tahun 2005 untuk mengatasi kurangnya kesadaran masayrakat mengenai pentingnya pendidikan. Bantuan Operasional Sekolah atau yang disingkat BOS merupakan bantuan pendidikan berbentuk dana yang diberikan kepada satuan pendidikan untuk kepentingan nonpersonalia. Dana BOS diberikan berdasarkan jumlah siswa yang dimiliki sebuah sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP Negeri 1 Rio Pakava dengan menggunakan teori Edward III yang mengukur implementasi kebijakan berdasarkan 4 indikator yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan informan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rio Pakava telah berjalan cukup baik, walaupun masih terdapat kendala pada 2 aspek, yaitu aspek komunikasi dengan indikator transmisi, dimana pihak sekolah masih belum maksimal dalam melakukan sosialisasi karena terkendala oleh kurangnya kehadiran orangtua saat mengikuti rapat untuk membahas mengenai dana Bantuan Operasional Sekolah, sehingga masih banyak orangtua yang belum cukup memahami mengenai dana BOS. Aspek yang kedua yaitu Sumber Daya dengan indikator fasilitas, dari hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas penunjang untuk pengurus dana BOS sudah tersedia, tetapi di sisi lain beberapa fasilitas sarana dan prasarana siswa juga harus diperhatikan seperti toilet, musholla, kelengkapan buku dan alat lab, hal ini agar proses pembelajaran siswa berjalan dengan baik. |