JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KALEKE KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI |
Nama: NUR ASYIFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Asyifa. Nomor Stambuk: B10120143. Judul : Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Di Bimbing Oleh Nasrullah Selaku Pembimbing I Bersama Gita Farista Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Metode Penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif, yaitu memberikan penjelasan yang sistematik, faktual atau nyata terhadap subjek atau data yang diperoleh di tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam kepada informan, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan baik data primer maupun skunder. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive dengan jumlah 7 (tujuh) orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Steers (1985:44-48) dimana ada empat aspek yang digunakan dalam mengukur Kualitas Pelayanan. Keempat aspek tersebut yaitu Kualitas, Produktivitas, Semangat Kerja, dan Kemampuan Adaptasi. Berdasarkan hasil penelitian, menujukan bahwa Efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi masih kurang baik. Pada aspek kualitas masih kurang optimal karena fasilitas yang ada masih sangat dibutuhkan. Kemudian pada aspek Produktivitas juga dinilai masih kurang baik karena adanya keterlambatan dalam menangani keluhan pasien. Kemudian aspek Semangat kerja masih kurang maksimal karena semangat kerja bermakna antara pemberian insentif apabila pemberian insentif terpenuhi maka akan mampu mendorong semangat kerja dari tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas karena tingkat semangat kerja yang dimiliki oleh seseorang dapat dinilai dari yang dicapai dan yang diinginkan. Sedangkan pada aspek Kemampuan adaptasi sudah berjalan dengan baik dilihat dari keterampilan para petugas yang sudah baik di dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Kata Kunci: Kualitas , Produktivitas, Semangat Kerja, Kemapuan Adaptasi |