Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP KOTA PALU
Nama: NURUL HIKMAH
Tahun: 2024
Abstrak
Nurul Hikmah B10120137, Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kota Palu. Pembimbing 1 Ani Susanti dan dosen pembimbing II Syarif Permana Salingkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Sistem Manunggal Satu Atap Kota Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan berbasis angka dan dianalisis secara statistik. Dengan menggunakan teori Edison et al untuk variabel kompetensi dengan 3 dimensi yaitu, pengetahuan, keahlian, dan sikap, dan pada kualitas pelayanan menggunakan teori Dwiyanto dengan 5 dimensi yaitu, sikap, prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuesioner dan survei yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kota palu yang berjumlah 46.354 wajib pajak, teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel mendapatkan sebanyak 99,78 yang dibulatkan menjadi 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas memenuhi asumsi normalitas atau Asymp.Sig (2 – tailed) sebesar 0,076 > 0,05. Pada hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pada variabel kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan persamaan regresi Y = 6,518 + 0,764X. Dengan hasil uji F pada nilai F hitung > F tabel atau 113,107 > 3,94 maka dari itu dapat dinyatakan bahwa kompetensi pegawai berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pelayanan dengan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di kantor samsat kota palu. Selain itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0,536 yang menunjukkan bahwa 53,6?lam variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi pegawai, sementara 46,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain Kata kunci : Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat Kota Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up