JudulPelayanan Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu |
Nama: NABILA EGIDYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK NABILA EGIDYA, NIM, B 101 20 131 judul Skripsi : “Pelayanan dalam pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu”, dibimbing oleh Ibu Ani Susanti dan Ibu Gita Farista Penelitian ini mengevaluasi kualitas pelayanan akta kelahiran di Kantor Catatan Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu. Studi ini menggunakan kerangka kerja Atep Adya Barata (2020:11) yang terdiri dari empat elemen dalam layanan publik: Penyedia, Penerima, Jenis Layanan, dan Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai layanan akta kelahiran terkait waktu pelayanan, jumlah karyawan, dan proses pemberian layanan di Kabupaten Pasangkayu. Prosedur pencarian informasi menggabungkan wawancara dan dokumentasi. Data mengalami pemrosesan deskriptif kualitatif, klasifikasi berdasarkan aspek spesifik masalah, dan presentasi yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa Masyarakat menyatakan kepuasan umum dengan penyedia layanan karena respons dan ketidakberpihakan mereka dalam menangani permintaan akta kelahiran. Sebaliknya, Masyarakat, sebagai penerima layanan, menunjukkan perilaku yang memuaskan selama wawancara, terutama dalam kesabaran mereka mengenai pembuatan akta dan kepatuhan terhadap persyaratan. Namun, temuan menunjukkan ketidakpuasan dengan jenis layanan, terutama karena masalah jaringan dan akses online yang tidak memadai. Selain itu, kepuasan pelanggan dianggap tidak memadai, karena waktu pemrosesan akta kelahiran yang diperpanjang terkait dengan jaringan yang buruk, menyoroti preferensi untuk pembuatan dokumen online, terutama di antara mereka yang tinggal jauh dari kantor publik. Kata Kunci : Penyedia layanan, Penerima layanan, Jenis layanan, Kepuasan pelanggan |