Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KETERANGAN RENCANA KOTA DI DINAS PENATAAN RUANG DAN PERTANAHAN KOTA PALU
Nama: MAGFIRA
Tahun: 2024
Abstrak
Magfira, Stambuk B10120129, Kualitas Pelayanan Pembuatan Keterangan Rencana Kota Di Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu. ( Bapak Muzakir Tawil Selaku Pembimbing Utama, Bapak Rachmad Selaku Pembimbing Pendamping ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan keterangan rencana kota di dinas penataan ruang dan pertanahan kota palu. Dasar penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Penetapan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive dengan menetapkan 6 (orang) informan yakni Kepala Bidang Perencannaan dan pemanfaatan Ruang, Penata Ruang Ahli Muda, Pengelola Tata Ruang, Analisis Pengembangan wilayah dan 2 orang Masyarakat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif dari (Miles, Huberman dan Saldana, 2014:31-32) yaitu Pengumpulan data ( data collection), Kondensasi data (data condensation), Penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conslusions drawing). Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Taliziduhu ndraha (2001:67) terdapat 4 aspek yang perlu diperhatikan yakni 1) kecepatan, 2) ketepatan, 3) kemudahan dan 4) keadilan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan keterangan rencana kota di Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu masih kurang baik.karena ditinjau dari 4 (empat) aspek teori Taliziduhu Ndraha (2001;67) terdapat 3 (Tiga) aspek yang menghambat kualitas pelayanan yaitu aspek kecepatan yang belum baik karena pembuatan keterangan rencana kota yang lama tidak sesuai pada waktunya, aspek ketepatan belum baik penerbitan keterangan rencana kota tidak seseuai dengan standar operasioanl prosedur dan aspek keadilan masih adanya pegawai yang mengutamakan keluarga dan melihat dari status sosial masyarakat. Kata Kunci: Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up