Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFUNGSI MANAJEMEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA
Nama: ASRINA
Tahun: 2025
Abstrak
ASRINA, B 101 20 119, dengan judul “Fungsi Manajemen Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Dibimbing oleh Ridzali Djaelangkara selaku pembimbing utama bersama Agusta Sri Astuti selaku pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Fungsi Manejemen Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh George R. Terry yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), dan Pengawasan (Controlling). Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan dan dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan ditentukan secara Purposive Sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi (Pengamatan).Wawancara informan secara mendalam dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang dibutuhkan berupa data primer dan sekunder. Analisis data yang dilakukan dengan Mengumpulkan data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi Kesimpulan. Fungsi Manajemen Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala berupa: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh pihak sekolah masih kurang karena keterbatasan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar sehingga pemberian ilmu pengetahuan tidak memuaskan bagi siswa. (2) Organisasi yang dilakukan yaitu perlunya penambahan tenaga pendidik pada sekolah agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. (3) Penggerakan yang dilakukan oleh pihak sekolah sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dikarenakan kepala sekolah selalu memberikan dorongan kepada guru-guru untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. (4) Pengawasan yang dilakukan belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan langsung dari kepala sekolah terutama dalam proses jalannya kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengawasan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up