Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PELYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA POMOLULU KECAMATAN BALAESANG TANJUNG KABUPATEN DONGGALA
Nama: SARIPA
Tahun: 2025
Abstrak
Saripa, Nim B10120110, Judul Penelitian : Efektivitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pomolulu Kecamatang Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala di Bimbing oleh Bapak Nawawi Natsir selaku pembimbing utama dan Bapak Moh. Royfandi selaku pembimbing pendamping. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Pomolulu Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Menggunakan teori dari Sondang P. Siagian (2017:10) dimana terdapat 3 aspek yaitu Faktor Waktu, Faktor Kecermatan, dan Faktor Penyempaian Layanan. Dasar penelitian menggunakan Metode Penelitian Kualitatif, dan Tipe Penelitian pendekatan deskriptif. Menggunakan analisis data kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari aspek Faktor Waktu, yaitu kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan di kantor desa pomolulu belum berjalan dengan efektif atau maksimal dilihat dari ketepatan aparat dalam jam kerja tidak disiplin masih ada sebagian aparat lambat datang ke kantor dan pulang tidak memenuhi aturan jam kerja. Dimana jam kerja kantor desa pomolulu mulai Pukul 7:30 – 15:30 WITA namun fakta lapangan pelayanan dimulai pada pukul 09:00 atau 10:00, hal tersebut terjadi karena aparat yang lambat datang dan membuat masyrakat yang berurusan harus menunggu. Pada aspek Faktor Kecermatan di kantor desa pomolulu sudah baik dapat dilihat dari beberapa aparat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat secara teliti dan hati – hati. Ditinjau dari aspek Faktor Gaya Pemberian Layanan yaitu sikap aparat kantor desa pomolulu sudah baik, dimana aparat kantor memberikan pelayanan bersikap ramah, sopan, dan adil. Kata Kunci: Efektif, Pelayanan Publik, Kantor Desa,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up