JudulManajemen Pelayanan Publik Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu |
Nama: ALFIONITA RUSLAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Alfionita Ruslan, B 101 20 070, dengan judul “Manajemen Pelayanan Publik Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu”. Dibimbing oleh Daswati Selaku Pembimbing Utama bersama Agusta Sri Astuti Selaku Pembimbing Pendamping. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih. Dasar penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian menggunakan tipe deskriptif. Adapun Teknik penentuan informan yaitu purposive dalam penelitian ini adalah 7 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu masih belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala berupa : (1) Perencanaan yang dilakukan oleh UPTD PAB Kecamatan Pasangkayu sudah berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang ditentukan. (2) Organisasi yang dilakukan oleh pihak UPTD PAB yaitu permasalahan tentang kinerja dan tugas pegawai masih kurang, karena daya tanggap yang kurang cepat dalam merespon atau melakukan sesuatu dan menyelesaikan masalah masih belum cukup baik sehingga beberapa pelanggan mengeluh karena kurang efisien dan efektif. (3) Pelaksanaan yang dilakukan UPTD PAB seperti pelaksanaan melakukan kegiatan terkait pengelolaan air bersih dalam proses pelayanan publik belum berjalan dengan baik karena masih ada beberapa kendala yang terjadi seperti fasilitas yang kurang memadai, penambahan jaringan masih menunggu bantuan biaya dari pemerintah, kondisi alam yang tidak dapat dihindari menjadi masalah yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.(4) Pengawasan yang dilakukan oleh UPTD PAB sendiri seperti melakukan pelaporan ke tingkat atasan melalui laporan bulanan dan melakukan monitoring ke kantor UPTD dengan tim yang telah dibentuk belum berjalan baik. Dan, bagi masyarakat pengawasan seperti melakukan perbaikan terkait pengelolaan air bersih masih belum berjalan dengan maksimal, hal ini dikarenakan masalah kinerja masing-masing pegawai yang kurang cepat tanggap dalam mengatasi masalah pada air bersih. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan Publik, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan. |