JudulSitem Informasi Manajemen Pada Kantor Perushaan Listrik Negara Kota Palu |
Nama: AHMAD SADIK |
Tahun: 2024 |
Abstrak AHAMAD SADIK B 101 20 06, Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Perusahaan Listrik Negara Kota Palu. Pembimbing I Bapak Slamet Riadi Dan Dosen Pembimbing II Syarif Permana Salingkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sistem informasi manajemen pada kantor perusahaan listrik negara kota palu dalam memberikan informasi pemadaman dan penjadwalan listrik. Teori yang digunakan dalam penlitian ini yaitu Azhar Susanto (2013) yang terdiri dari 4 unsur penting dalam pelayanan sistem informasi yaitu: akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) orang. Metode yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem informasi manajemen pada Kantor Perusahaan Listrik Negara Kota Palu dalam memberikan informasi pemadaman listrik Sudah cukup baik akan tetapi, masih terdapat masalah pada keakuratan dan ketepatan waktu dalam penyebaran jadwal pemadaman listrik. Pada aspek akurat terdapat masalah yaitu lamanya durasi pemadaman listrik yang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah di sebarkan oleh PLN Kota Palu dan terjadi keterlambatan pemadaman listrik yang tidak sesuai dengan jadwal yang disebarkan, kemudian aspek tepat waktu pada informasi jadwal pemadaman listrik di wilayah Kota Palu tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, yaitu jadwal pemadaman yang seharusnya disebarkan satu minggu atau paling lambat tiga hari sebelum terjadinya pemadaman. Namun, pada kenyataannya, masih sering terjadi pemadaman listrik tanpa adanya informasi yang disampaikan oleh pihak PLN. KATA KUNCI : Akurat, Relevan, Tepat Waktu, Lengkap. |