Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG MELALUI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANGUNAN GEDUNG DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SIGI
Nama: DITA CAHYA RAMADANI
Tahun: 2024
Abstrak
Dita Cahya Ramadani, 2024, B10120028, “kualitas Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung Melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten Sigi” dibawah bimbingan Ibu Mustainah dan Bapak Andi Maman Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Kualitas pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) melalui Sistem Informasi Manajemen Banguna Gedung (SIMBG) dari persepsi dan harapan penggunaan web tersebut ketika mengajukan permohonan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah, deskriptif kualitatif. Studi ini membahas kualitas pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sigi. Dengan menggunakan teori Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yang mencakup lima dimensi kualitas pelayanan, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat ruang untuk peningkatan, khususnya dalam hal sosialisasi, pemahaman alur prosedur, perbaikan fasilitas, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kendala seperti kurangnya SDM, jaringan internet yang tidak stabil, dan kesulitan penggunaan aplikasi oleh kelompok usia tertentu menjadi beberapa masalah yang dihadapi. Meskipun demikian, dinas telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar operasional prosedur dan menunjukkan empati serta jaminan dalam pelayanan. Penelitian ini berkontribusi pada upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sigi, khususnya dalam proses perizinan bangunan Gedung. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, dan Berwujud, Kehadalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up