Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA LAYANAN BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ANATASYA M. AGEL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Anastasya M. Agel B 101 20 022, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Layanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Pembimbing 1 Hj. Mustainnah dan Dosen Pembimbing II Syarif Permana Salingkat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Salim dan Woodword (2011:52), yang terdiri dari Economy (Ekonomi), Eficincy (Efesien), Efektiveness (Efektivitas), dan Equity (Keadilan). Penelitian ini Menggunakan Desain Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif Analitik. Dasar penelitian dengan menggunakan metode obeservasi, dan angket atau kuesioner dan jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. sampel yang digunakan sebanyak 98 Responden. Hasil Penelitian Menujukan bahwa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah, Berdasarkan hasil uji t dimensi kualitas pelayanan ialah efektivitas dan keadilan bepengaruh secara parsial sedangkan yang tidak bepengaruh secara parsial variabel ekonomi dan efisien. Hasil uji f mempunyai pengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap signifikansi kepuasan pasien BPJS di RSUD Undata provinsi Sulawesi Tengah, uji f dimana nilai fhitung > ftabel sebesar 17,498 > 3,091 dengan nilai (sig) = 0,000 < 0,05 dengan kata lain menolak Ho dan menerima Ha. dan Koefisien determinasi 42,9% Dimensi kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi keadilan karena mempunyai nilai mean yang paling besar dibandingkan variabel lainnya. Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS |