JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah |
Nama: RAFLIADI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rafliadi B 101 20 019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah . Pembimbing 1 Syahruddin Hattab dan Dosen Pembimbing II Syarif Permana Salingkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Kotler Dan Keller (2016:442), yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Penelitian ini Menggunakan Desain Penelitian Mix Method dengan pendekatan Sequential Exploratory. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obeservasi, wawancara dan angket atau kuesioner dan jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. sampel yang digunakan sebanyak 97 Responden. Hasil Penelitian Kuantitatif Menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS Dan Pasien Umum Pada Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai t hitung > t tabel 9,809 > 2,69) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak,Kemudian Nilai Fhitung sebesar 10.739 dengan nilai signifikansi 0,001 <0,005 dengan Koefisien Determinasi 83,0%. Indikator Kualitas Pelayanan yang dominan berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS dan Umum Adalah Empathy Karena Memiliki Nilai Mean Paling Besar Dibandingkan Dengan Indikator Lain Hasil Penelitian Kualitatif yang menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah belum berjalan dengan baik padindikator Reliability,Responsiveness,Assurance,Empathy,Tangibles, hal ini dapat dilihat dari kinerja dokter yang tidak optimal, waktu pelayanan yang tidak pasti, kurangnya respon dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan, sarana dan prasarana yang belum memadai. Segala bentuk masalah ini perlu adanya perbaikan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umu |