JudulKinerja Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah Dalam Penerapan E-tilang Di Kota Palu |
Nama: NILA WATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nila Wati B 101 20 015, dengan judul “Kinerja Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah Dalam Penerapan E-Tilang Di Kota Palu”. Dibimbing oleh Mustainnah selaku pembimbing utama bersama Moh Royfandi selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah Dalam Penerapan E-Tilang Di Kota Palu . Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, yang memberikan gambaran tentang fenomena atau faktor permasalahan yang diteliti sesuai fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi informan berjumlah 7 orang . Teori yang digunakan adalah Basri dan Rivai, 2015 dimana ada empat indikator yaitu kesesuaian Perencanaan. Efektifitas Pelaksanaan Kegiatan, Kepatuhan Terhadap Regulasi, Efisiensi terhadap Kegiatan . Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kinerja Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah Dalam Penerapan E-Tilang Di Kota Palu secara umum pelaksanaannya belum sepenuhnya dikatakan optimal. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator hasil penelitian yang diantaranya Aspek kepatuhan terhadap regulasi belum efektif dikarenakan Keterbatasan jangkauan pemantauan elektronik dan kurangnya pengawasan dari kepolisian. Oleh karena itu Adanya pemasangan CCTV di sejumlah ruas jalan di kota Palu seharusnya mendapat bantuan pengawasan dari pihak petugas kepolisian,tidak semata-mata CCTV yang digunakan sebagai alat untuk memantau kelancaran lalu lintas. Serta aspek efisiensi terhadap pelaksanaan kegiatan dikatakan belum berjalan dengan optimal dikarenakan pemanfaatan teknologi dalam penerapan e-Tilang menjadi faktor utama dikarenakan yang mendukung program ini dasarnya menggunakan teknologi yaitu mulai dari aplikasi secara elektronik hingga koneksi jaringan internet yang dibutuhkan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terkendala dengan faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih gagap teknologi dan masalah server yang memiliki koneksi yang lambat. Dan aspek yang berjalan dengan optimal yaitu aspek kesesuain perencanaan dan efektifitas pelaksanaan kegiatan. Kata Kunci : Kinerja Ditlantas, Penerapan E-Tilang |