JudulKUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN SOJOL UTARA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: HUSNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Husna, Stambuk B 101 20 004, dengan judul penelitian “kualitas pelayanan dalam pembuatan kartu keluarga dikantor unit pelaksana teknis dinas kependudukan dan pencatatan sipil kecamatan sojol utara kabupaten donggala”. Dibimbing oleh Mustainah dan Erdiyansyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam pembuatan kartu keluarga di kantor unit pelaksana teknis dinas kependudukan dan penyatatan sipil kecamatan sojol utara kabupaten donggala. Tipe penelitian yang digunakan tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan informan pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purpose. Peneliti memilih sebanyak 6 orang informan. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan, penarikan dan verifikasi. Teori yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah teori yang dikemukakan oleh Parasuraman,Dkk 1988, indikator untuk mengukur kualitas pelayanan meliputi tangibles, realibity, responsiveness, assurance, dan emphaty. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas pelayanan dalam pembuatan kartu keluarga di kantor unit pelaksaana teknis dinas kependudukan dan pencatatan sipil kecamatan sojol utara kabupaten donggala, sudah cukup baik. Hal ini di karenakan dalam proses pembuatan kartu keluarga yaitu aparat dalam merespon keluhan masyarakat sudah baik, pegawai di kantor Unit pelaksana teknis dinas kependudukan dan pencatatan sipil kecamatan sojol utara kabupaten donggala sudah cukup ramah dalam memberikan jasa pelayanan maupun dalam menyampaikan arahan ataupun solusi yang diinginkan masyarakat sehingga terjalinnya komunikasi yang baik antara penerima dan pemberi jasa pelayanan, serta pegawai dalam melayani masyarakat tidak ada unsur perbedaan diantara masyarakat. Dengan adanya kantor Unit pelaksana teknis dinas di kecamatan sojol utara juga membuat masyarakat merasa terbantu karena dapat melakukan pembuatan kartu keluarga tanpa harus ibu kota kabupaten Donggala kata kunci : tangibles, realibity, responsiveness, assurance, dan emphaty |