Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KARTU INDONESIA SEHAT DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS SYEKH AHMAD PUE LASADINDI TOAYA
Nama: DANDI
Tahun: 2025
Abstrak
Dandi, Stambuk B10120001, Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia Sehat di Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Syekh Ahmad Pue Lasadindin Toaya. ( Bapak Muzakir Tawil Selaku Pembimbing I, Bapak Andi Maman Firmansyah Selaku Pembimbing II ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kartu Indonesia Sehat di Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Syekh Ahmad Pue Lasadindi Toaya. Dasar penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Taliziduhu ndraha (2001:67) terdapat 4 aspek yang perlu diperhatikan yakni 1) kecepatan, 2) ketepatan, 3) kemudahan dan 4) keadilan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kualitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat di UPTD Puskesmas Syekh Ahmad Pue Lasadindi Toaya masih kurang baik.karena ditinjau dari 4 (empat) aspek teori Taliziduhu Ndraha (2001;67) terdapat 2 (dua) aspek yang menghambat kualitas pelayanan yaitu aspek Kecepatan yang belum optimal dikarenakan waktu tunggu yang lama dikarenakan memiliki sumber daya terbatas, jumlah dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya serta proses pendaftaran dan verifikasi data pasien masih dilakukan secara manual dan aspek Ketepatan yang belum optimal dikarenakan keterlambatan dalam memulai layanan yang disebabkan kurangnya disiplin waktu para dokter dan perawat, permasalahan ini mengakibatkan pelayanan di puskesmas menjadi terhambat karena pelayanan baru akan dimulai setelah dokter datang. Kata Kunci: Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up