JudulEFEKTIFITAS PENERTIBAN PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DI PASAR INPRES KOTA PALU |
Nama: MOH. IMAM AFANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Moh Imam Afandi, B 101 19 183, dengan judul, “Efektivitas Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Di Pasar Inpres Kota Palu” Dibimbing oleh Bapak. Nasir Mangngasing,M.Si ( Pembimbing I ) bersama Nasrullah. (Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan di Pasar Inpres Kota Palu, Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Dimana penarikan informanya dilakukan dengan Purposive. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penelitian lapangan (Observasi, Wawancara dan Dokumentasi). Sedangkan informan yang digunakan sebanyak 6 orang. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Capmbel J.P dengan 5 indikator, yaitu Keberhasilan Program, Keberhasilan Sasaran, Kepuasan Terhadap Program, Tingkat Input dan Output. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Di Pasar Inpres Kota palu secara umum belum dapat dikatakan efektif dan efisien karena dilihat dari beberapa aspek yang belum berjalan dengan maksimal Yaitu Keberhasilan Program, program penertiban yang dilakukan kepada Pedagang tidak berdampak sama sekali Hal tersebut bukanlah sebuah keinginan dari para pedaganag namun juga di akbitkan oleh ketersediaan Lahan dan harga sewa lapak yang terlalu mahal sehingga pedagang mengambil keputusan dengan berjualan di bahu jalan dan trotoar. Tingkat Input dan Output juga sedemikian rupa pedagang yang ditindaki atau dilakukan penertiban oleh Satuan Pamong Praja (Satpol Pp) tidak mengikuti arahan dari dinas terkait untuk tidak berjualan di tempat yang dilarang oleh pemerintah, Pencapaian Tujuan menyeluruh juga demikian karena tujuan dari Program Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) ini belum sepenuhnya tercapai secara keseluruhan baik dari segi penegak perda terhadap Pedagang yang masih berjualan di bahu jalan dan trotoar, ataupun tentang Harga sewa lapak yang terlalu mahal Sedangkan Indikator Keberhasilan Sasaran dan Kepuasan Terhadap Program, mendapatkan Respon yang baik. |