JudulManajemen Strategi Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Dipasar Masomba Kecamatan Palu Selatan Kota Palu |
Nama: MUSDALIFA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Musdalifa, B 101 19 167, “Manajemen Strategi Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan (Di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu (Studi Kasus Pada Pasar Masomba)”. Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako (Di bimbing oleh Bapak Syahruddin Hattab selaku pembimbing 1 dan Bapak Muh Rapi selaku pembimbing 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Manajemen Strategi Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan Di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu (Studi Kasus Pada Pasar Masomba)”. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan Analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan teori Kooten dalam Salusu (2006:104-105) (strategi organisasi, strategi program, strategi pendukung sumber daya, dan strategi kelembagaan). Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa dalam pelaksanaan penertiban pedagang kreatif lapangan pada pasar masomba dikecamatan palu selatan kota palu sudah terlaksana namun belum berjalan secara efektif, hal ini didasarkan pada empat indikator manajemen strategi dari kotten yang di gunakan sebagai tolak ukur dilapangan diantaranya yaitu masih terdapat tiga indikator yang menjadi kendala Dinas perdagangan dan perindustrian Kota Palu yaitu Strategi organisasi (Corporate Strategy) strategi menghimbau belum efektif karna kurangnya kepatuhan pedagang kreatif lapangan terhadap perda, Strategi program (Program Strategy) program penertiban belum efektif karena masih adanya pedagang kreatif lapangan berjualan dibahu jalan dan trotoar di luar pasar masomba, Strategi pendukung sumber daya (Resource Support Strategy) ini belum sepenuhnya tercapai karena harga sewa tempat didalam pasar masomba yang mahal menyebabkan pedagang kreatif lapangan berjualan di trotoar dan bahu jalan luar pasar masomba. Kata kunci: Manajemen Strategi, Penertiban, pedagang kreatif lapangan. |