JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MOROWALI |
Nama: ULFARIANI KARIM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Dimana penarikan Informanya dilakukan dengan Phurposive sampling. Sebanyak 5 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penelitian lapangan ( Wawancara, Dokumentasi, Observasi). Hasil penelitian ini menggunakan teori zeitamhl parasuraman and Berry yang di dasarkan dengan 5 indikator. Indikator pertama dilihat dari aspek Tangible bahwa sarana dan prasarana yang ada di kantor Dinas Dukcapil seperti tidak terdpat ruang tunggu pada kantor tersebut, kipas angin yang tidak berfungsi, dan komputer yang hanya berfungsi ada 1 unit khususnya pada pelayanan E-KTP Elektonik dan tidak adanya kotak saran. Kedua, aspek Reliability bahwa aparatur sudah mampu dengan baik menggunakan alat bantu proses pelayanan. Aspek Responsiveness belum berjalan dengan maksimal. Karena masih terdapat beberapa aparatur yang tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka kerjakan. Hal ini dilihat oleh peneliti ada aparatur yang tidak mampu menyelesaikan keperluan masyarakat dengan tepat waktu dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedure (SOP). Keempat aspek Assurance belum berjlalan dengan baik dimana masih terdapat aparatur yang tidak datang dengan tepat waktu. Dan yang terakhir aspek Emphaty dilihat dari sikap aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak ada sifat arogansi dan tidak membeda-bedakan masyarakat yang ingin dilayani. |