JudulPrinsip-prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Dikantor Camat Pamona Puselemba Kabupaten Poso |
Nama: MONA CAROLINE PASIOWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Puselemba Kabupaten Poso. Penelitian ini Menggunakan tipe Penelitian Deskriptif dan tipe penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Pandji Santosa tentang delapan indikator untuk mengatur Partisipasi, Aturan Hukum, Transparansi, Cepat Tanggap, Konsensus, Persamaan Hak, Efektifitas dan Efisiensi, dan Akuntabilitas. Dalam penelitian ini Pemilihan Informan secara Purposive. Dimana peneliti sengaja akan memilih orang- orang yang dipandang memahami masalah yang akan di teliti. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan dua cara yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Berdasarkan hasil Penelitian Menunjukan Bahwa, Prinsip-prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Puselemba Kabupaten Poso sudah dilaksanakan dengan baik, hanya saja masih ada kendala-kendala yang terjadi di masyarakat maupun dikantor camat sendiri seperti dari segi keikutsertaan dan kesadaran masyarakat dalam mengikuti program-program atau kebijakan yang diberikan kecamatan, masih adanya oknom-oknum yang tak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi, pegawai yang lambat datang dan tidak hadir saat dibutuhkan, miskomunikasi yang terjadi antara masyarakat dan pihak kecamatan, serta gangguan server saat listrik padam sehingga proses pelayanan terganggu Kata Kunci : Partisipasi, Aturan Hukum, Transparansi, Cepat Tanggap, Konsensus, Persamaan Hak, Efektifitas dan Efisiensi, Akuntabilitas |