JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TEKNOLOGI DIGITAL MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN KOTA PALU |
Nama: SOVIANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Soviana B10119105, Pengaruh Kualitas Pelayanan Teknologi Digital Mobile Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kepuasan Peserta di Badan Penyelanggara Kesehatan Kota Palu. Dibimbing Oleh Ibu Dr.Hj Ani Susanti, S.Sos.,M.Si dan bapak Erdiyansyah, S.Sos.,M.Ap Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan teknologi digital mobile JKN terhadap kepuasan peserta di BPJS kesehatan kota palu baik secara simultan maupun secara parsial berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta di BPJS kesehatan kota palu. penelitian ini menggunakan teori Parasuraman, Valaria. A Zeithaml & Aryind Malhotra thn 2005 yang terdiri dari empat dimensi yaitu : efesiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, privasi tipe penelitian deskripsi kuantitatif. Dasar penelitian dengan menggunakan metode obeservasi, wawancara dan angket atau kuesioner dan jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta BPJS kota palu yang menggunakan aplikasi mobile JKN yang berjumlah 10.649 orang . Adapun Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 100 orang. Untuk keperluan analisis data penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistik 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan teknologi digital mobile JKN berpengaruh terhadap kepuasan peserta di BPJS kesehatan kota palu. adapun Variabel kualitas pelayanan (efesiensi, pemenuhan, ketersedsiaan sistem dan privasi) berpengaruh secara simultan terhadap signifikansi kepuasan peserta di BPJS kesehatan kota palu. Nilai Fhitung sebesar 74,710 dengan nilai signifikansi <0,001 dengan koefisien determinasi 71,4%. Dan berdasarkan hasil Uji-t menunjukan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan teknologi digital mobile JKN terhadap kepuasan peserta di BPJS kesehatan kota palu, dinyatakan bahwa variabel efesiensi, pemenuhan, dan privasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta. Dimensi variabel efesiensi yang paling dominan dalam uji-t dengan nilai Thitung sebesar 4,577 dan nilai signifikansi <0,001 adapun variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan yaitu variabel ketersediaan sistem. kata kunci : efesiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, privasi |