JudulKualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu |
Nama: IMMANUEL ALFREDO HUTABARAT |
Tahun: 2024 |
Abstrak Immanuel Alfredo Hutabarat B 101 19 045, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu” Pembimbing: (1) Daswati dan Pembimbing: (2) M. Kafrawi Al-Kafiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan tipe Penelitian Deskriptif dan menggunakan teori Zeithalm-Parasuraman- Berry dengan lima indikator yang digunakan yaitu Tangibles (bukti langsung), Reliability (kemampuan atau kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati/peduli). Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive, yakni memilih 7 orang secara sengaja untuk dijadikan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu dilihat dari beberapa aspek masih ada yang kurang baik, dikarenakan sarana dan prasarana diruang tunggu berupa kursi yang disediakan belum cukup untuk sebagian pasien, kemudian timbangan bayi yang terkadang bermasalah, lalu nomor antrean yang masih menggunakan kertas atau manual dan belum menggunakan mesin antrean otomatis yang terletak di dekat pintu masuk puskesmas serta tong sampah yang dirasa masih kurang. Namun dilihat dari aspek Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy dinilai sudah baik. Kata kunci : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy |