JudulKualitas Pelayanan Aparatur Di Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala |
Nama: NUR AINUN. S |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nur Ainun S Stambuk B10119031, dengan judul, “Kualitas Pelayanan Aparatur Di Kantor Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala” Dibimbing oleh. Mohammad Irfan Mufti, dan Subhan Haris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Aparatur Di Kantor Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Dimana penarikan Informanya dilakukan dengan Phurposive sampling. Sebanyak 7 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penelitian lapangan ( Wawancara, Dokumentasi, Observasi). Hasil penelitian ini menggunakan teori zeitamhl parasuraman and Berry yang di dasarkan dengan 5 indikator. Indikator pertama dilihat dari aspek Tangible bahwa sarana dan prasarana yang ada di kantor desa Ogoamas II seperti kursi yang kebanyakan rusak, tidak adanya ruang tunggu, kipas angin yang tidak berfungsi, dan komputer yang hanya berfungsi ada 2 unit dan tidak adanya kotak saran. Kedua, aspek Reliability bahwa aparatur sudah mampu dengan baik menggunakan alat bantu proses pelayanan. Aspek Responsiveness belum berjalan dengan maksimal. Karena masih terdapat beberapa aparatur yang tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka kerjakan. Hal ini dilihat oleh peneliti ada aparatur yang tidak mampu menyelesaikan keperluan masyarakat dengan tepat waktu dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Keempat aspek Assurance belum berjlalan dengan baik dimana masih terdapat aparatur yang tidak datang dengan tepat waktu. Dan yang terakhir aspek Emphaty dilihat dari sikap aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak ada sifat arogansi dan tidak membeda-bedakan masyarakat yang ingin dilayani. Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty |