JudulKualitas Pelayanan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat Di Pusat Kesehatan Masyarakat Pedongga Kecamatan Pedongga Kabupaten Pasangkayu |
Nama: FEBRIMAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Febriman, B10119025, dengan judul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat Di Pusat Kesehatan Masyarakat Pedongga Kecamatan Pedongga Kabupatan Pasangkayu” dibimbing oleh Nasir Mangngasing selaku pembimbing I bersama Rachmad selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Kesehatan pasien pengguna Kartu Indonesia Sehat Di Pusat Kesehatan Masyarakat Pedongga Kecamatan Pedongga Kabupaten Pasangkayu. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tipe deskriptif, sumber data yaitu data primer dan data skunder, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Analisi data menggunakan analisis Miles Huberman dan Saldana. Teori yang digunakan dalam mpenelitian ini yaitu teori Ziethaml et al dalam buku Hardiansyah. Terdapat lima indikator yaitu Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiviness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy). Berdasarkan hasil penelitian dilakukan dari teori Ziethaml et al dalam buku hardiansyah yang terdiri dari lima indikator diperoleh bahwa dua aspek diantaranya sudah berjalan optimal yakni Responsiviness (daya tanggap) dan Empathy (empati). Tiga aspek lainnya yaitui Tangible (bukti fisik), belum berjalan dengan optimal, dari aspek Tangible masih kurangnya ketersediaan kipas angin,dan kursi di ruang tunggu, pada Reability (Kehandalan) masih sering terjadi keterlambatan tidak tepat waktu dalam memberikan pelayanan dan keterbatasan keahlian serta kemampuan dalam menggunakan alat bantu, Assurance (Jaminan) masih kurangnya ketersediaan obat-obatan di puskesmas pedongga. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan KIS Puskesmas Pedongga Tangible, Realibility, Responsiviness, Assurance, Empathy |