JudulPELAYANAN ADMINISTRASI PENERBITAN SURAT PENYERAHAN TANAH (SPT) DI KANTOR KECAMATAN SOJOL UTARA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: HERMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Herma B101 19 014, dengan judul “ Pelayanan Administrasi Penerbitan Surat Penyerahan Tanah (SPT) Di Kantor Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala”. Di bawah bimbingan Syahruddin Hattab dan Mukarramah. Tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui Pelayanan Administrasi Penerbitan Surat Penyerahan Tanah (SPT) Di Kantor Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur Kualiatas Pelayanan adalah teori dari Zeithmal, Parasuraman dan Berry (1990) dimana untuk mengukur kualitas pelayanan tersebut terdapat 5 indikator yaitu Tangibel, Reliability, Responsiviness, Assurance dan Empaty. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan berbagai kondisi, fenomena atau situasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara bersama informan secara mendalam serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari kelima dimensi ini maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pelayanan administrasi penerbitan surat penyerahan tanah (SPT) di Kantor Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala masih kurang baik dan perlu di tingkatkan. Masih terdapat tiga indikator yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik pada proses pelayanan dalam penerbitan Surat Penyerahan Tanah (SPT). Ketiga indikator tersebut adalah Tangibel (Bukti langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan). Indikator pertama tangibel yaitu kelengkapan sarana dan prasarana masih kurang dan untuk kedisiplinan (ketepatan waktu) aparatur kantor kecamatan sojol utara masih perlu di lakukan evaluasi. Indikator yang kedua yaitu Reliability mengenai kehandalan pegawai dan keahlian pegawai masih belum berjalan dengan baik disebabkan oleh kurangnya SDM (Sumber daya manusia) dan Fasilitas yang memadai. Untuk indikator yang ketiga yaitu Responsiviness mengenai daya tanggap pegawai dalam pelayanan termasuk ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan masih belum maksimal dan perlu di lakukan peningkatan. Kata Kunci : Pelayanan Administrasi, Tangibel (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Daya tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empaty (Empati). |