Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS SABANG KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA
Nama: NINING WIDYAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Parasuraman, Zeithaml dan Berri (1988) dimana ada 5 (lima) indikator yang digunakan dalam kualitas pelayanan, kelima indikator tersebut adalah Tangible (bukti fisik), Realibility (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Emphaty (empati). Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujun untuk menggambarkan berbagai kondisi, fenomena atau situasi yang berkaitan dengan objek penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara informan secara mendalam dan Dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari 5 dimensi maka dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan pasien badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) di puskesmas sabang kecamatan dampelas kabupaten donggala masih kurang baik dan perlu ditingkatkan. Terdapat 3 indikator yang belum memadai yaitu, Tangible (bukti fisik) belum memadai karena masih ada sebagian peralatan medis yang rusak, dan indikator Responsiveness (daya tanggap) belum memadai karena sikap petugas yang kurang peduli dan ramah kepada pasien sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat, begitu juga dengan indikator Empathy (perhatian) belum juga memadai dikarnakan sikap petugas kurang memberikan perhatian, memahami perasaan dan keinginan yang ingin dicapai oleh pasien. Sedangkan ada 2 indikator yang sudah berjalan dengan baik yaitu Realibility (kehand alan) sudah menunjukkan kualitas pelayanan yang baik karena petugas pelayanan yaitu perawat sudah berpendidikan sesuai dengan bidangnya dan memiliki kompetensi sesuai dengan kemampuannya. Dan Assurance (jaminan) sudah cukup baik karena pelayanan yang berhubungan dengan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan dan keyakinan kepada pasien seperti kesopanan, rasa aman dan komunikasi di nilai sudah cukup bagus serta tidak adanya pungutan liar di puskesmas sabang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up