JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOMBO KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: NIRMALA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nirmala, B 101 19 007, Judul : Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kombo Kecamatan Dampal Selatan kabupaten Tolitoli dibimbing oleh Mukarramah bersama Nurhayati Hamid Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kombo Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan mengacu pada teori efektivitas yang dikemukakan oleh Richard M Steers (1984:44-64) dengan indicator yakni : Kualitas, Produktivitas, Semangat Kerja, dan Keluwesan Adaptasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui informan yang disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis data primer dan skunder. Dengan informan yang berjumlah tujuh orang antara lain : Kepala Puskesmas Kombo, Dokter, penanggung jawab keperawatan, Kepala Tata usaha, Staf Prosedur Pelayanan, Pasien rawat inap, dan Pasien rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan kesehatan di Pukesmas Kombo Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli belum sepenuhnya berjalan secara efektif, karena dari empat aspek yaitu Kualitas, Produktivitas, Semangat Kerja, Dan Keluwesan adaptasi ada tiga aspek yang tidak terlaksana secara efektif. yaitu secara kualitas pelayanan dapat dikatakan masih kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa fasilitas yang ada masih sangat di butuhkan, guna untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. dari aspek Produktivitas pelayanan peralatan medis sudah cukup memadai, petugas kesehatan memiliki keterampilan yang bagus hanya saja dari segi kedisiplinan petugas perlu untuk ditingkatkan. dari aspek Semangat kerja masih kurang baik. Karena pemberian insentif belum terpenuhi apabila pemberian insentif terpenuhi dengan baik maka akan mendorong semangat kerja tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugasnya. dari aspek keluwesan adaptasi sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari respon yang baik diberikan oleh masyarakat yang datang berobat menanggapi bahwa petugas kesehatan sudah memenuhi apa yang mejadi kebutuhan pasien. Kata kunci : Kualitas, Produktivitas, Semangat Kerja, Keluwesan Adaptasi |