JudulMANAJEMEN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 LUWU UTARA DI KECAMATAN RAMPI KABUPATEN LUWU UTARA |
Nama: HANSKI KAWIRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Hanski Kawiri No. Stambuk B101 18 270, Dengan Judul Skripsi “Manajemen Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menegah Atas Negeri 15 Luwu Utara Kecamatan Rampi Kabupaten Luwu Utara”. Konsultan I Syahruddin Hattab Konsultan II Ibu Mukarramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan dalam proses belajar mengajar di sekolah menegah atas negeri 15 luwu utara kecamatan rampi kabupaten luwu utara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif, di mana dalam penelitian ini peneliti menggunakan tehnik penetuan informan yaitu tehnik purposive dengan jumlah informan 7 orang. Penelitian ini menggunakan Teori Henry Fayol yang dimana terdapat lima indikator yaitu tentang Planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Coordinating (Koordinasi),Commanding (pengarahan), Controlling (Pengawasan). Tehnik pengumpulan data di lakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan yang di mana melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, peneliti simpulkan bahwa manajemen pengelolaan dalam proses belajar mengajar di sekolah menegah atas negeri 15 luwu utara kecamatan rampi kabupaten luwu utara, cukup baik karena pegawai/guru Sekolah Menegah Atas Negeri 15 Luwu Utara Kecamatan Rampi sudah menyampaikan pengetahuannya tentang manajemen pengelolaan dalam proses belajar mengajar sudah semaksimal mungkin untuk meningkatkan efektifitas pengetahuan siswa yang baik, namun dalam hal ini perlu di tingkatkan lagi pengetahuannya tentang manajemen pengelolaan dalam proses belajar mengajar agar kedepannya lebih baik lagi walaupun kedepan terdapat beberapa kendala dalam hal memberikan proses belajar mengajar. Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Koordinasi, Pengarahan, Pengawasan. |