JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA PARISAN AGUNG KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA |
Nama: SERLIANA BULI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Serliana Buli, B10118214. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Parisan Agung Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala”. (Di Bimbing Oleh Nawawi Natsir dan Abdul Hamid). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap tingkat kepuasan masyarakat di kantor Desa Parisan Agung Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yang di kemukakan oleh Zeithhaml-Parasuraman-Berry (1990) dalam (Pasolong, 2013). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan model skala likert kemudian diuji ke valid dan kehandalan dari kuesioner tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode regresi liner berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini secara simultan yaitu kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala. Dan hasil penelitian secara parsial yaitu adalah a). Bukti fisik (X.1) pengaruh signifikan Terhadap kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala. b). Kehandalan (X.2) pengaruh signifikan Terhadap kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala. c). Daya tanggap (X.3) pengaruh signifikan Terhadap kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala d.) Jaminan (X.4) pengaruh signifikan Terhadap kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala e). Empati (X.5) pengaruh signifikan Terhadap kepuasan masyarakat di kantor desa Parisan Agung kecamatan Dampelas kabupaten Donggala. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan masyarakat |