JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA |
Nama: ALDA MEGASARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Alda Megasari , Stambuk B 101 18 176 dengan judul Skripsi: “Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara” dibimbing oleh Hj. Suasa selaku pembimbing I dan Rachmad selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Deskriptif sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dibatasi hanya mengungkapkan fakta-fakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang, yaitu: Sekretaris Lurah, Staf dua (2) orang, Ketua RT/RW Lingkungan Baliase, dan Masyarakat tiga (3) orang. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat (4) tahap, antara lain: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha (2001:67) dalam Jasmila (2022), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat (4) indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu: kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara pada indikator kecepatan belum berjalan dengan baik, dilihat dari fasilitas yang digunakan aparat untuk bekerja dan melayani masyarakat seperti komputer/laptop dan printer sangat kurang dan sering mengalami kerusakan yang mengakibatkan kecepatan pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Baliase belum berjalan dengan maksimal, akan tetapi pada indikator ketepatan, kemudahan, dan keadilan sudah berjalan dengan baik dan menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada. Kata Kunci: Cepat, Tepat, Mudah, Adil. |