JudulEFEKTIVITAS PENERAPAN E-GOVERNMENT DI KANTOR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU |
Nama: RIZKI DERMAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penerapan E-Government Di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Richard M Steers (1985:53), yang mencakup; (1)Pencapaian Tujuan, (2)Integrasi, (3) Adaptasi. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan masalah yang berhubungan dengan Efektivitas Penerapan E-Government Di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai informan sebanyak 5 (lima) yaitu kepala bidang pelayanan perizinan dan pengaduan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, Sub bagian kepegawaian Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, pelayanan loket Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, serta 2 (dua) Masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penerapan E-Government Di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu berdasarkan 3 aspek sebagai berikut, aspek Pencapaian Tujuan bahwa efektivitas penerapan E-government belum bejalan secara optimal karena masih adanya masyarakat yang lebih memilih mengurus langsung di kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu menunjukkan belum mencapai tujuan. Aspek Integrasi bahwa telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan adanya kordinasi yang dilakukan antar pegawai agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik. namun belum adanya sosialisasi yang dilakukan oleh kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu secara menyeluruh kepada masyarakat sehingga masih banyaknya masyarakat yang belum paham atau mengetahui terkait pengurusan perizinan secara online. Aspek Adaptasi bahwa adaptasi yang dilakukan kantor DPMPTSP kota palu dengan menerapkan pengurusan perizinan secara online sudah baik namun belum berjalan optimal karena masih adanya masyarakat lebih pengurus perizinan secara langsung di kantor DPMPTSP kota palu. |