Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI
Nama: FATMA NUHUN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Fatma Nuhun B101 18 126, dengan judul “Kualitas Pelayanan Perusahaan Listrik Negara Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali”. Dibimbing oleh Bapak Nawawi Natsir selaku Dosen pembimbing utama bersama Bapak Nasrullah selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perusahaan listrik negara di kecamatan bungku tengah. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang fenomena atau fokus permasalahan yang tengah diteliti yang terjadi di lokasi penelitian sesuai fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Dengan informan yang berjumlah enam orang antara lain : Manager PLN ULP Bungku, Pegawai PLN dan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Zeithaml. Dimana ada lima indikator yang digunakan dalam kualitas pelayanan perusahaan listrik negara di kecamatan bungku tengah. Kelima indikator tersebut yaitu tangibles (berwujud), realibility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (perhatian). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kualitas pelayanan perusahaan listrik negara di kecamatan bungku belum berjalan baik karena pada indikator tangilbes, realibility, responsiveness, assurance dan emphaty belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana yang belum memadai dalam pelayanan, penyelesaian keluhan-keluhan pelangan yang masih lambat dan belum maksimal, dan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Segala bentuk masalah ini perlu adanya perbaikan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, tangibles (berwujud), realibility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (perhatian).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up