JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK DI KANTOR KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG PROVINSI SULAWESI SELATAN |
Nama: RIZKA KIKI LESTARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rizka Kiki Lestari B101 18 122, Judul Skripsi “Efektivitas Pelayanan E-KTP Di Kantor Kecamatan Alla Kabupaten Enreang Provinsi Sulawesi Selatan”, Dibimbing Oleh Bapak Nawawi Natsir selaku Dosen Pembimbing I, bersama Bapak Rachmad selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan E-KTP Di Kantor Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Kualitatif Deskriptif. Dengan mengacu pada teori efektivitas yang dikemukakan oleh Campbell (1973) yang dikutip oleh Richard M. Steers dengan empat indikator yakni: Kualitas, Produktifitas, Semangat Kerja, Keluwesan Adaptasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui informan yang disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis data primer dan sekunder. Dengan informan yang berjumlah tujuh orang antara lain: Kepala Kecamatan, Kasi Pelayanan Umum, Operator E-KTP dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan E-ktp di kantor Kecamatan Alla kurang berjalan secara efektif, karena berdasarkan pada aspek teori yang digunakan yaitu kualitas, produktivitas, semangat kerja, dan keluwesan adaptasi ada dua aspek yang tidak sepenuhnya terlaksana dengan efektif, yaitu secara kualitas fasilitas penunjang pelayanan yang masih kurang memadai. Keterbatasan fasilitas memberi pengaruh kurang baik dalam memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat. dari aspek produktivitas pelayanan selain dari jumlah pegawai E-KTP yang kurang, kesiagapan pegawai saat terjadi kerusakan alat juga dinilai kurang, dari aspek semangat kerja sudah baik pelayanan yang ramah, tertip dan teratur menciptakan proses pelayanan yang nyaman baik bagi pegawai maupun masyarakatnya, dari aspek keluwesan adaptasi sudah baik sebagaimana tanggapan masyarakat tentang mampunya pegawai dalam memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan pelayanan serta memaksimalkan sebaik mungkin penggunaan alat bantu sehingga pelayanan dapat berjalan seperti semestinya. Kata Kunci: Kualitas, Produktifitas, Semangat Kerja, Keluwesan Adaptasi |