JudulKUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA KANTOR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: ALDHY |
Tahun: 2022 |
Abstrak ALDHY, Stambuk B 101 18 120, Program Studi Ilmu Administrasi Pulik Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, dengan judul Skripsi yaitu : “Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Parigi Moutong” di bawah bimbingan Nawawi Natsir selaku pembimbing I dan Nur aisyah selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Parigi Moutong.Teori yang digunakan dalam penelitia ini adalah oleh Idup Suhady (2000 :26).yang terdiri dari empat unsur penting dalam pelayanan prima yaitu : tepat, cepat, murah dan ramah. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang. Metode penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Rumah Tinggal pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Parigi Moutong dalam aspek Ramah sudah telaksana dengan baik. Pihak Pegawai kantor sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan dan prosedur yang ada, hanya saja Dalam aspek Cepat, Tepat dan Murah masih belum baik dalam memberikan pelayanan khususnya dalam penerbitan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan kurang disiplinnya pegawai sehingga membuat masyarakat harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, cepat, tepat, murah dan ramah . |